en id

PT ANGKASA PURA I BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG GANDENG PEMERINTAH KOTA SEMARANG DALAM UPAYA PENINGKATAN LAYANAN DI BANDARA

07 Jul 2022

kembali ke list


Semarang, 7 Juli 2022 PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani bersama Pemerintah Kota Semarang menandatangani Perjanjian Kerja Sama dalam hal “Peningkatan Layanan Promosi Kebudayaan dan Pariwisata Serta Kegiatan Kesenian Di Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang” bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang serta “Penyediaan Pojok Baca di Ruang Tunggu Terminal Penumpang Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang” bersama Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama ini dilaksanakan di Gets Hotel  pada tanggal 6 Juli 2022 dan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang beserta jajaran, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang beserta jajaran, dan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang beserta jajarannya.

General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan, “Penandatanganan Kesepakatan Bersama merupakan lanjutan dari kerjasama yang telah terjalin sebelumnya dan menambah ruang lingkup baru demi mewujudkan pelayanan optimal di bandara dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan customer satisfaction index (CSI), serta membangun minat, kegemaran dan kebiasaan membaca masyarakat pengguna jasa bandara”, jelasnya.

 

Adapun ruang lingkup dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini meliputi:

  1. Pemuatan konten promosi pariwisata berupa gambar/foto dan video di area terminal penumpang;
  2. Pelaksanaan pementasan kesenian tari, music dan atau drama musikan di bandara;
  3. Akses penyampaian informasi dan komunikasi melalui media sosial terkait kebandarudaraan sebagai upaya peningkatan kunjungan wisatawan dan pengenalan kebudayaan Kota Semarang;
  4. Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia;
  5. Penempatan buku cetak di area pojok baca bandara;
  6. Penempatan portable standing barcode tautan Buku Digital Sibooky dan pendaftaran keanggotaan perpustakaan secara online pada pojok baca;
  7. Akses penyampaian informasi dan komunikasi melalui media sosial terkait kebandarudaraan sebagai upaya meningkatkan dan mengembangkan literasi dan gemar membaca pada masyarakat untuk mendukung program Gerakan Literasi Atraktif Bergerak Bersama.

Sebagai informasi tambahan, dengan terwujudnya kerjasama antara PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani bersama Pemerintah Kota Semarang telah membuahkan hasil positif bagi kedua belah pihak. Dalam hal ini PT Angkasa Pura I telah berhasil meningkatkan skor Customer Satisfaction Index (CSI) dari 4.73 pada periode tahun 2020 menjadi 4.80 pada periode tahun 2021 dan mendapatkan akreditasi ASQ dari Airport Council International (ACI) dengan predikat Best Airport by Size and Region (2 to 5 million passengers per year Asia Pacific) periode tahun 2020-2021. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Semarang yang senantiasa memberikan dukungan secara rutin kepada bandara.

“Dengan adanya penandatangan Perjanjian Kerja Sama ini, kami berharap tujuan bersama untuk memberikan pelayanan yang aman, nyaman dan optimal kepada para pengguna jasa bandara dapat senantiasa meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Kota Semarang serta meningkatkan minat baca masyarakat. Kami harap bentuk kerjasama ini akan terus terjalin sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kita semua,” tambah Hardi.

(Humas MH)