en id

BANDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG GANDENG STAKEHOLDER PERKUAT SINERGITAS KOMUNITAS BANDARA SEKALIGUS PENYERAHAN BANTUAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN

27 Aug 2024

kembali ke list


Semarang, 27 Agustus 2024 – PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melaksanakan kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PT angkasa pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan stakeholder sekaligus penyerahan simbolis tanggung jawab sosial dan lingkungan, pada hari ini Selasa (27/082024) bertempat di Gedung Administrasi Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Adapun perjanjian kerja sama yakni perjanjian kerja sama tentang On The Job Training (OJT) dengan menggandeng SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang. Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh General Manager Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada, dan Kepala Sekolah SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang, Nia Yusniawati, S.Pd.

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada menyampaikan bahwa kerjasama dengan SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti Semarang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, mewujudkan dan mengembangkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam rangka menghasilkan lulusan SMK Penerbangan Kartika Aqasa Bhakti yang siap pakai dan siap kerja.

“Dengan adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan sinergi antar stakeholder bandara, sehingga program-program yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik yang meliputi antara lain pengembangan pengetahuan dan keterampilan serta kegiatan-kegiatan lainnya. ” ujar Fajar.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang, yakni penyerahan secara simbolis bantuan kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam Program Pelayanan Kesehatan Keliling  Tahun 2024 senilai Rp. 180.000.000,- di mana bantuan program TJSL ini merupakan program pemberian makanan tambahan dan pendampingan bagi 55 (lima puluh lima) balita dengan permasalahan gizi di 7 (tujuh) Puskesmas Karangdoro, Puskesmas Manyaran, Puskesmas Lebdosari, Puskesmas Krobokan, Puskesmas Karangayu, Puskesmas Genuk Dan Puskesmas Halmahera dengan waktu 3 (tiga) bulan dari bulan september sampai dengan desember 2024. Bantuan ini merupakan bentuk program yang bekerjasama dengan dinas kesehatan kota semarang.

Selain memberikan bantuan kepada Dinas Kesehatan Kota Semarang, juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan penanaman dan pemeliharaan 6.000 (enam ribu) bibit Mangrove di Pantai Mangunharjo kepada Kelompok Tani Mangrove Lestari senilai Rp 30.000.000,-  sebagai upaya dalam pengelolaan habitat serta dapat menyediakan ekosistem penarik Wildlife diluar bandara demi keselamatan bandara. Di mana hal ini sejalan penerapan konsep Eco Airport dan Green Airport Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

“Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan merupakan Program Hibah dari PT Angkasa Pura I yang ditujukan kepada masyarakat, sehingga dapat membantu kondisi sosial di lingkungan menjadi lebih baik, di dalam Program Bina Lingkungan terdapat sektor – sektor yang menjadi sasaran yaitu : bencana alam, pendidikan dan pelatihan, sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, kesehatan, peletarian alam dan yang terakhir adalah bantuan sosial pengentasan kemiskinan. “Ujar Fajar di sela-sela acara.

Sebagai tambahan informasi, selama kurun waktu tahun 1993 sampai dengan bulan Agustus Tahun 2024 PT Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang telah menyaluran Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan sebesar 9,8 milyar rupiah.

(Humas_CMN)