en id

PT ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDAR UDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG ADAKAN RAMP SAFETY CAMPAIGN 2018

17 Oct 2018

kembali ke list


Semarang, 16 Oktober 2018 – Dalam rangka meningkatkan jaminan keamanan dan keselamatan pada sisi  udara (air side) bandara, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mengadakan Ramp Safety Campaign 2018 dengan tema “Airport Grow Faster Through Safety Acts”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 16 – 17 Oktober 2018.

 

Kegiatan pertama, yaitu Sosialisasi Ramp Safety Campaign 2018 dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2018 di Ruang Rapat Bandara Jenderal Ahmad Yani pada pukul 09.00 WIB. Sosialisasi dihadiri oleh PTS. General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani, pejabat terkait dan beberapa perwakilan dari komunitas bandara. Sedangkan peserta sosialisasi adalah 100 orang yang berasal dari pegawai AP I dan komunitas bandara.

 

Kegiatan sosialisasi diawali dengan laporan kegiatan oleh Safety Management System & Occupational Safety Health Section Head dan dilanjutkan dengan sambutan PTS. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Cecep Marga Sonjaya yang menyampaikan bahwa “Program ini adalah program rutin yang biasa dilaksanakan setiap tahunnya. Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah kampanye keamanan dan keselamatan di sisi udara agar tidak terjadi suatu incident maupun accident di Bandara Jenderal Ahmad Yani” ujarnya.

 

Sedangkan materi yang diberikan oleh peserta pada kegiatan Sosialiasai Ramp Safety Campaign Class adalah Safety Awarenes, Hospitality Ground Handling, Peraturan di sisi udara, Security Awareness, Standar Peralatan Penunjang Pelayanan Darat Pesawat Udara dan Kendaraan Operasional yang Beroperasi di Sisi Udara dan Standar Penempatan Pesawat dan GSE.

 

Esok harinya dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan yang kedua, yaitu Ramp Check  yang dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2018 di  sisi udara (air side) Bandara Jenderal Ahmad Yani.  Kegiatan Ramp Check dilakukan dengan pengecekan terhadap seluruh peralatan pendukung penerbangan seperti pushback tractor, tangga penumpang menuju pesawat, dan peralatan lainnya. Selain itu pengecekan terhadap Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang diletakkan di beberapa titik di sisi udara juga dilakukan, juga pengecekan pada pas bandara yang dikenakan oleh petugas apakah sesuai atau tidak. Pelaksanaan Ramp Check dilakukan oleh tim gabungan dari Airport Security & Safety Department bersama Airport Operation & Services Department.

 

Ramp Safety Campaign 2018 merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan dan menumbuhkan kepedulian personil khususnya petugas di sisi udara akan pentingya keselamatan operasional penerbangan serta memahami segala aturan yang berlaku. *** (HUMAS SRG/Hpr)