en id

Klenteng Sam Poo Kong

14 Aug 2015

kembali ke list


Klenteng Sam Poo Kong dulunya merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Tempat ini biasa disebut Gedung Batu, karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang yang berjarak sekitar 3.5km dari Bandara Internasional Ahmad Yani. 
Bangunan inti dari klenteng adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400-an. Goa Aslinya tertutup longsor pada tahun 1700-an, kemudian dibangun kembali oleh penduduk setempat sebagai penghormatan kepada Cheng Ho.
Kini di dalam goa tersebut terdapat Patung Cheng Ho yang dilapisi emas dan digunakan untuk ruang sembahyang dalam memohon doa restu keselamatan, kesehatan dan rejeki. Selain bangunan inti goa batu tersebut, yang dindingnya dihiasi relief tentang perjalanan Cheng Ho dari daratan China sampa ke Jawa, di area ini juga terdapat satu klenteng besar dan dua tempat sembahyang yang lebih kecil.
Klenteng Sam Poo Kong kini tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, namun juga menjadi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di halaman depan klenteng, terdapat sejumlah patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, pada hari-hari besar China disini juga akan diselenggarakan perayaan disertai dengan arak-arakan, bazaar, dan festival Barongsai. Hari hari besar lainnya yang dirayakan di sini termasuk di antaranya Hari Raya Imlek dan hari kelahiran Cheng Ho.