en id

GUBERNUR JAWA TENGAH SAPA PENUMPANG PENERBANGAN INTERNASIONAL DI BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI

19 May 2020

kembali ke list


Semarang, 19 Mei 2020 – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi kesiapan petugas bandara dan pihak terkait lainnya dalam memberikan pelayanan kepada penumpang penerbangan internasional dari dan ke Kuala Lumpur yang telah dilaksanakan sejak tanggal 18 Mei 2020 kemarin sampai dengan tanggal 23 Mei 2020 mendatang. Hal ini diungkapkannya saat melaksanakan kunjungan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang pada pukul 08.52 WIB pagi tadi. Adapun pada hari ini, pesawat tujuan Kuala Lumpur - Semarang dengan nomor penerbangan AK 328 membawa 39 penumpang yang mendarat pada pukul 07.58 WIB serta kembali berangkat ke Kuala Lumpur dengan nomor penerbangan AK 329 dengan membawa 2 penumpang pada pukul 08.30 WIB.

“Protokol kesehatan sesuai aturan dan anjuran Pemerintah telah disiapkan dan dijalankan dengan baik sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para penumpang yang tiba maupun berangkat melalui Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani. Tak lupa saya ucapkan syukur alhamdulillah karena sampai dengan saat ini hasil rapid test kepada penumpang menunjukkan hasil non reaktif, artinya para penumpang yang datang maupun berangkat dalam keadaan sehat,” jelas Ganjar.

Saat melakukan kunjungan di area pertama, Ganjar menyapa beberapa penumpang yang baru saja tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani dan ditempatkan di area exhibition hall untuk dilakukan pendataan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. Ganjar menanyakan asal dan tujuan para penumpang datang ke Semarang, tak lupa peringatan dalam hal protokol kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga disampaikan kembali kepada para penumpang. “Jangan disepelekan ya, perhatikan diri Anda dan lingkungan sekitar!” ujarnya.

Usai menyapa para penumpang, Ganjar bersama dengan General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, TNI, Kepolisian, dan pihak terkait lainnya menuju area koridor kedatangan internasional dimana pada area tersebut dilakukan pengisian/penyerahan HAC oleh penumpang yang datang termasuk pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan kesehatan (tensi, saturasi oksigen, suhu dan rapid test) terhadap para penumpang.

Salah seorang penumpang asal Jawa Timur menghampiri dan menanyakan kepada Ganjar bagaimana cara yang bersangkutan untuk kembali ke daerah tujuan. “Setelah Anda melalui seluruh proses pemeriksaan di bandara, Anda diwajibkan untuk melakukan karantina terlebih dahulu di asrama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah sekaligus dilakukan pendataan. Nantinya kami akan membantu untuk menginformasikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur terkait proses pemberangkatan Anda ke kota tujuan,” kata Ganjar.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto menambahkan “Kami berkomitmen untuk mendukung kebijakan Pemerintah terkait pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan prosedur. Oleh karena itu, kami tetap berupaya untuk memperhatikan kenyamanan dan keselamatan para penumpang dengan selalu memperhatikan physical distancing dan protokol kesehatan yang dijalankan di bandara. Hal ini tentunya dilakukan demi kebaikan bersama,” terang Hardi.***(Humas SRG/Hpr)