en id

GOA KREO

13 Aug 2015

kembali ke list


Goa Kreo adalah salah satu tempat wisata alam yang ada di Semarang. tepatnya di Dukuh Talun Kacang Kelurahan Kandri Kecamatan Mijen. Lokasi Goa Kreo berjarak sekitar ± 13km dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. 
Menurut legenda Goa Kreo Semarang merupakan sebuah goa yang digunakan sebagai petilasan Sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak. Kata “Kreo” berasal dari kata Mangreho yang berarti peliharalah atau jagalah. Kata inilah yang kemudian menjadikan goa ini disebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan ini dianggap sebagai penunggu.
Untuk mencapai Goa Kreo pengunjung harus melewati anak tangga yang cukup banyak dan curam. Beberapa hal yang membuat Goa Kreo menarik untuk dikunjungi adalah adanya kera-kera yang dapat diajak bermain selama perjalanan menuju mulut goa, kedua daya tarik yang kuat adalah adanya Waduk Jatibarang, Waduk Jatibarang  diresmikan pada pertengahan tahun 2014 lalu dengan tujuan sebagai pengendali banjir, pasokan air baku untuk irigasi dan air minum, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan pengembangan potensi pariwisata. Pemandangan perbukitan dan luasnya waduk berpadu indah hingga cocok sekali bagi pengunjung yang suka berfoto, selain itu waduk yang luas sangat memungkinkan untuk dikembangankan wisata air atau water sport.