en id

CEGAH VIRUS CORONA, BANDARA JENDERAL AHMAD YANI SELENGGARAKAN AKSI NYATA KOMUNITAS BANDARA

13 Mar 2020

kembali ke list


Semarang, 13 Maret 2020 - Sebagai bentuk kepedulian dan upaya terhadap pencegahan masuknya virus corona (covid-19) di lingkungan bandara, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menyelenggarakan kegiatan Aksi Nyata Komunitas Bandara yang bertajuk “Clean Airport from Covid-19”. Selain itu, sebagai pintu masuk masyarakat dari berbagai suku maupun belahan dunia, hal ini perlu dilakukan untuk pencegahan awal masuknya penyakit, juga sebagai bukti bahwa pihak bandara selalu tanggap dalam pencegahan virus.

Pada aksi nyata kali ini, diawali dengan kegiatan apel di area sebelah timur drop zone yang dihadiri oleh seluruh pegawai AP 1, TNI, POLRI, anak perusahaan, mitra kerja, mitra usaha, serta intansi lainnya yang tergabung dalam komunitas bandara. Di sela sambutan apel pagi, General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa “Kita harus wujudkan bandara yang bersih dan aman dari virus corona serta virus membahayakan lainnya. Saya harap seluruh pegawai yang bekerja di bandara dapat menjaga kebersihan dimanapun dan selalu menjaga kesehatan. Makanlah makanan yang bergizi dan selalu sempatkan diri untuk berolahraga. Cegah virus corona demi kebaikan kita semua, khususnya masyarakat Jawa Tengah,” ujar Hardi.

Kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih di lingkungan bandara yang meliputi area drop zone, pick up zone, terminal bandara, shelter BRT bandara, Masjid Baitus Salam, terminal kargo & pos serta dilanjutkan pada area perkantoran komunitas bandara. Kegiatan bersih-bersih dilaksanakan pada area outdoor dan indoor. Di area outdoor dilakukan pemungutan sampah, pencabutan rumput dan pembersihan lainnya yang meliputi area halaman perkantoran, shelter BRT, halaman masjid, drop zone, pick up zone, halaman terminal kargo & pos. Sedangkan di area indoor dilakukan penyemprotan cairan desinfektan serta pembersihan area yang sering dikunjungi oleh penumpang dengan mengelap benda-benda menggunakan lap yang telah diberikan cairan pembersih. Area indoor yang dibersihkan meliputi gedung kantor, gedung terminal bandara, dan gedung terminal kargo & pos.

Para petugas bandara serta petugas kebersihan turut serta dalam kegiatan bersih-bersih pada Jumat pagi ini. “Selain kegiatan ini, pihak bandara juga telah melakukan beberapa upaya untuk mencegah masuknya virus corona, diantaranya adalah simulasi penanggulangan novel corona virus, penyediaan hand sanitizer di 21 titik area bandara baik di keberangkatan maupun kedatangan, pengecekan suhu tubuh bagi penumpang internasional dan domestik baik yang berangkat maupun datang, peningkatan standar kebersihan di area gerai, kantor, dan gudang, monitoring kesehatan pegawai secara rutin dan upaya lainnya,” tambah Hardi.

Adapun kegiatan pembersihan lingkungan bandara dilakukan setiap hari, sedangkan penyemprotan cairan desinfektan secara rutin dilaksanakan setiap minggunya. Diharapkan upaya yang dilakukan oleh pihak bandara serta instansi yang tergabung dalam komunitas bandara dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi para pengguna jasa bandara. ***(Humas SRG/Hpr)