en id

BANDARA JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG LAKUKAN OPERASI TERTIB K3 DALAM RANGKA MEMPERINGATI BULAN K3 TAHUN 2021

04 Feb 2021

kembali ke list


Semarang, 4 Februari 2021 – Sebagai bentuk upaya memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2021, PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melaksanakan kegiatan Operasi Tertib K3 di area terminal penumpang, terminal kargo dan gedung parkir Bandara Jenderal Ahmad Yani. Pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan peringatan bulan K3 Nasional Tahun 2021 yang berlangsung sejak tanggal 12 Januari s.d 12 Februari 2021 dengan tema “Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha”. Kegiatan Operasi Tertib K3 ini bertujuan untuk melakukan evaluasi tertib K3 terhadap kegiatan operasional penerbangan dan pelayanan di bandara sehingga aktivitas penerbangan dapat berjalan dengan aman, nyaman dan sehat. 

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa “Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan bentuk komitmen kami untuk disiplin dalam penerapan budaya K3 sekaligus sebagai bentuk partisipasi dalam memperingati bulan K3 Nasional di lingkungan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani. Sehingga dengan adanya pemantauan dan evaluasi terhadap operasional, pelayanan dan fasilitas bandara dapat membuat para penumpang menjadi lebih aman, nyaman dan tentunya sehat saat berada di lingkungan bandara,” ujarnya.

Tidak hanya para petugas saja, General Manager beserta jajarannya juga turut serta dalam kegiatan operasi tertib K3 ini. Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan monitoring pada area pintu keberangkatan, counter check in, ruang tunggu, hingga area air side dan area kedatangan penumpang. Adapun untuk hal-hal yang menjadi perhatian pada pelaksanaan monitoring adalah penerapan protokol kesehatan di area bandara, keamanan, fasilitas, dan memastikan bahwa tidak ada benda berbahaya yang dapat mengganggu aktivitas di bandara serta memastikan semua pihak, baik petugas dan pengguna jasa bandara tertib dalam penerapan K3.

Disamping kegiatan Operasi Tertib K3, pihak bandara juga telah melakukan sosialisasi Bulan K3 Nasional melalui media sosial, TV display bandara, serta pemasangan spanduk dan banner Bulan K3 Nasional yang dipasang di sekitar kawasan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.

“Kami berharap dengan adanya upaya-upaya sosialisasi terkait Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya K3 diterapkan di lingkungan kerja, karena dengan adanya penerapan K3 yang baik di lingkungan kerja maka pelayanan optimal dapat diberikan kepada para pengguna jasa,” tutup Hardi. ***(HumasSRG)