en id

BANDARA JENDERAL AHMAD YANI PAMERKAN WISATA BARU KAMPOENG DJADHOEL

31 Dec 2019

kembali ke list


Semarang, 31 Desember 2019 – Kota Semarang memiliki banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan untuk kemajuan kota dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Semarang. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya potensi wisata baru yang dulunya hanya merupakan gang perumahan yang kecil dan gelap, kemudian dipercantik dan diberi nama “Kampoeng Djadhoel”. Tempat ini merupakan salah satu mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani yang mendapatkan bantuan dalam Program Bina Lingkungan Tahun 2019 dengan total bantuan senilai Rp 85.000.000,-.

Tepat di malam penghujung tahun 2019 ini, manajemen AP 1 Bandara Jenderal Ahmad Yani mengadakan acara “Launching Kampoeng Djadhoel” yang dihadiri oleh General Manager beserta jajaran, Sekretaris Kecamatan Semarang Timur, ketua dan pengurus Kampoeng Djadhoel beserta warga sekitar. Dalam sambutannya General Manager Bandara Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa “AP 1 Bandara Jenderal Ahmad Yani melalui program Bina Lingkungan Tahun 2019 turut berperan serta untuk membantu revitalisasi Kampoeng Djadhoel sehingga memiliki daya tarik lebih untuk dikunjungi oleh masyarakat, wisatawan lokal, maupun mancanegara. Semoga di penghujung tahun 2019 dan menjelang tahun baru 2020, merupakan tonggak awal dari sejarah dikenalnya kampoeng djadhoel dan akan menjadi ikon kota semarang yang dikenal seluruh masyarakat indonesia bahkan di mancanegara,” ungkap Hardi.

Kampoeng Djadoel merupakan lingkungan tempat tinggal yang bersih, asri dan juga dihiasi dengan karya-karya lukisan dan gambar yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Disana para pengunjung tidak hanya bisa foto atau sekedar selfie saja, namun dapat berbelanja bahkan praktek atau belajar membatik langsung ditempat para pembatik yang merupakan warga asli Kampoeng Djadoel.

Sekretaris Kecamatan Semarang Timur, Budi Mulyono mengatakan “Revitalisasi Kampoeng Djadoel sangat menarik karena terinisiasi dari Kampung Batik atas keberhasilannya menjadikan tempat tersebut sebagai kawasan wisata. Situasi jaman dahulu yang ada di kampung ini bisa dijadikan suatu daya tarik masyarakat,” jelasnya.

Tak lupa ucapan rasa syukur dan terima kasih pun tersirat dari para warga sekitar dan Ketua Kampoeng Djadoel, Luwiyanto. “Saya mewakili warga Kampoeng Djadoel mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Angkasa Pura I (Persero) karena telah memberikan bantuan untuk revitalisasi tempat ini. Tempat yang tadinya terlihat sangat kumuh, kini disulap menjadi sangat bagus sehingga memiliki daya tarik lebih untuk pengunjung. Besar harapan saya agar para warga terus mencari ide-ide kreatif untuk mengembangkan Kampoeng Djadhoel menjadi destinasi bahkan ikon Kota Semarang,” tambahnya.

Acara digaungi dengan pemukulan kentongan oleh General Manager, Sekretaris Kecamatan Semarang Timur dan perwakilan pengurus Kampoeng Djadhoel sebagai tanda komitmen bersama untuk mengembangkan Kampoeng Djadhoel menjadi destinasi yang menarik. Acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan kegiatan ramah tamah. ***(Hpr)